Rabu, 23 Maret 2011

Cara Membuat Script Redirect URL

Redirect URL
Redirect URl berfungi untuk mengalihkan url awal yang diklik atau dituju oleh pengunjung ke url yang ditentukan. Script ini sudah saya pakai ketika url blog Tips Blogger Zacky yang lama (http://tips-blogger-zacky.blogspot.com) bermasalah dalam SEO nya. Karena tidak tahu apa masalahnya, sempat terpikir untuk membuat blog baru dengan nama yang baru juga. Saya sangat pusing, tak tahu apa yang harus dilakukan.

Sebenarnya url blog bisa saja diganti pada tab Settings akun Blogger, namun itu sangatlah merugikan karena url http://tips-blogger-zacky.blogspot.com sudah mendapat PR 2 dan Alexa Traffic Rank sudah mencapai 600an. Ditambah lagi semua url postingan sudah adem ayem nongkrong di beberapa blog directory, forum, dan beberapa situs social bookmark. Gimana nih caranya?, tanya saya kepada mbah Google. Saya dikasih solusi yang baik, tepat, dan tidak merugikan, yaitu dengan membiarkan url lama tetap eksis dan membuat url baru.

Saya memasang script redirect url ke url baru (http://tipsbloggerzacky.blogspot.com) pada template url lama (http://tips-blogger-zacky.blogspot.com). Sebagai hasilnya, silahkan anda klik url blog yang lama disini. Gimana? Langsung diarahkan balik ke http://tipsbloggerzacky.blogspot.com kan?
Nha, kali ini saya akan membagikan tips memasang script redirect url tersebut untuk anda yang memiliki masalah yang sama dengan saya. Mau?

Sebelum kita masuk ke kode untuk membuat scipt ini, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, yaitu:

1. Backup terlebih dahulu blog anda
Caranya mudah, masuk ke tab Settings > Basic. Lihat tulisan Blog Tools, disampinya terdapat tiga opsi: Import blog - Export blog - Delete blog. Pilih Export blog lalu klik DOWNLOAD BLOG, maka semua postingan anda akan tersimpan dalam sebuah file .xml. Jangan hapus postingan blog lama.

2. Buat blog baru dengan nama yang sama dengan blog lama anda, usahakan url barunya hampir sama dengan url baru.

3. Edit semua data di blog directory tempat anda submit url lama.

Sudah, sekarang mari kita masuk ke kodenya..

Berikut Cara Membuat Script Redirect Url

1. Login ke akun Blogger anda.

2. Pilih Layout > Edit HTML (ingat, pilih settingan ini untuk blog anda yang lama)

3. Cari kode <head>, lalu paste kode berikut di bawahnya:
<meta content='nofollow' name='robots'/>
<meta content='noindex' name='robots'/>

<script type='text/javascript'><!--//--><![CDATA[//><!--
var url = "http://tipsbloggerzacky.blogspot.com"
(document.images) ? location.replace(url) : location.href = url;
//--><!]]></script>
<meta content='0;URL= http://tipsbloggerzacky.blogspot.com/' http-equiv='refresh'/>

0 komentar:

Posting Komentar